ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR AIR PENDINGIN MESIN UTAMA PADA KAPAL MV. SULAWESI LEADER

SEMIDARLIANTO, P.M (2025) ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR AIR PENDINGIN MESIN UTAMA PADA KAPAL MV. SULAWESI LEADER. Other thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL-BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB III-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy

Abstract

SEMIDARLIANTO P.M 2024, ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR AIR PENDINGIN MESIN UTAMA PADA KAPAL MV SULAWESI LEADER. Dibimbing oleh Bapak Yulianto, S.T., M.Mar.E. dan Bapak Fandi, S.T., M.Mar.E. Tujuan penulisan Karya Ilmiah Terapan ini adalah untuk memahami faktor faktor teknis yang menyebabkan meningkatnya temperature air pendingin pada mesin utama kapal MV. SULAWESI LEADER. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kerusakan komponen mesin akibat meningkatnya temperature air pendingin serta menganalisis dampaknya terhadap operasi kapal, yang dapat menyebabkan gangguan signifikan dalam kinerja mesin dan keselamatan pelayaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan panduan teknis bagi operator dan teknisi kapal dalam menangani masalah meningkatnya temperature air pendingin, dengan memberikan langkah-langkah penanganan yang tepat dan preventif. Panduan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman teknis para kru kapal dalam mengelola dan memelihara sistem mesin secara optimal, sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan operasi yang lebih serius. Adapun lokasi kejadian dalam karya tulis ilmiah ini adalah di atas kapal MV. SULAWESI LEADER pada tanggal 25 FEBRUARY 2024, saat pelayaran dari Jakarta menuju Banjarmasin Di atas kapal tersebut penulis menggunakan main engine AKASAKA-MITSUBISHI 5UEC45LA. Pengambilan data dilakukan Penulis dengan cara observasi langsung terhadap main engine yang digunakan di kapal. Ini melibatkan pemeriksaan visual terhadap system pendingin main engine Berdasarkan kejadian yang dialami MT. SULAWESI LEADER terkait dengan terjadinya suhu tinggi pada mesin utama, dapat disimpulkan bahwa pentingnya pemeliharaan rutin dan pemeriksaan terhadap sistem pendinginan mesin kapal tidak dapat diabaikan. Pembersihan secara teratur terhadap sea chest dan komponen terkait lainnya sangat diperlukan untuk mencegah penumpukan kotoran yang menghambat aliran air laut, yang dapat menyebabkan meningkatnya temperature air pendingin pada mesin utama. Pemantauan suhu mesin dan sistem pendinginan secara terus-menerus juga sangat krusial, karena memungkinkan deteksi dini terhadap masalah teknis sehingga awak kapal dapat merespons dengan cepat dan efektif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, memastikan kelancaran operasi kapal. Kejadian ini juga memberikan pelajaran penting mengenai manajemen risiko dan keamanan operasional dalam pelayaran jarak jauh, di mana implementasi prosedur yang ketat dan pemantauan kondisi kapal secara berkelanjutan dapat mengurangi risiko kegagalan teknis yang dapat mengancam keselamatan kapal, kru, dan kargo. Dengan mengambil kesimpulan ini, MV. SULAWESI LEADER dapat mempertimbangkan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan dalam manajemen operasionalnya, guna meminimalkan risiko serupa di masa depan serta menjaga keandalan dan efisiensi operasional kapal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:52
Last Modified: 28 Oct 2025 02:52
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item