Andi Patonangi, Andi Patonangi (2024) EFEK SOLITON PADA SAAT OPERASI DYNAMIC POSITIONING DAN TRANSFER MINYAK DENGAN KAPAL PENGEBOR WEST CAPELLA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
Text
01. Andi KIT.pdf Download (3MB) |
Abstract
Andi Patonangi “EFEK SOLITON PADA SAAT OPERASI DYNAMIC POSITIONING DAN TRANSFER MINYAK DENGAN KAPAL PENGEBOR WEST CAPELLA” dibimbing oleh Dr. Capt. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar dan Capt. Suwarno Waldjoto, S.Sos., M.Pd., M.Mar Operasi Dynamic Positioning (DP) dilepas pantai merupakan salah satu elemen kunci dalam industri minyak dan gas, karena sistem DP mampu menjaga posisi dan haluan kapal dengan stabil secara otomatis. Meskipun kondisi cuaca yang buruk, angin, arus dan gelombang besar. Namun, ada salah satu tantangan terbesar dalam menjaga posisi kapal adalah soliton, yaitu gelombang non-liner yang memiliki kecepatan serta dapat mempertahankan bentuk dan energinya dalam jangka waktu yang lama, serta dapat muncul secara tiba-tiba dan dapat berdampak besar pada kapal yang sedang operasi DP di pengeboran lepas Pantai. MV. Pacific Legacy adalah Kapal PSV (Platform Supply Vessel) dan Kapal DP Kelas 2 yang mana di design untuk menyuplai logistik pada pengeboran lepas pantai. MV. Pacific Legacy di charter oleh Mubadala Energy untuk mensuport logistik kapal pengebor West Capella dalam melakukan pengeboran lepas Pantai di Laut Andaman (Aceh-Lhokseumawe). Pada saat melakukan operasi DP dan transfer Minyak dengan kapal pengebor West Capella telah terjadi near miss ketika Soliton muncul secara secara tiba-tiba. Penelitian ini di lakukan di atas kapal MV. Pacific Legacy pada saat penulis bekerja kurang lebih 4 bulan sebagai Chief Officer dan SDPO (Senior Dynamic Positioning Operator). Metode penelitian yang digunakan adalah mengamati efek dari soliton pada saat kapal operasi DP dan transfer minyak. Dari hasil penelitian di atas kapal bahwa efek yang ditimbulkan oleh Soliton itu adalah DP sistem mengalami kesulitan dalam mempertahankan posisi dan haluan kapal. Serta dapat menimbulkan bahaya tubrukan, bahaya kebakaran, bahaya pada keselamatan kru dan bahaya pada pencemaran lingkungan bila kapal kehilangan posisi karena DP sistem tidak dapat mempertahankan posisi kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:56 |
URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/914 |
Actions (login required)
View Item |