ANALISIS KELONGGARAN V-BELT PADA THRUSTER TERHADAP KINERJA PENGOPERASIAN KAPAL KOC QAATER

MUH, NUR (2025) ANALISIS KELONGGARAN V-BELT PADA THRUSTER TERHADAP KINERJA PENGOPERASIAN KAPAL KOC QAATER. Other thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL - BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MUH. NUR, 2025 ANALISIS KELONGGARAN V-BELT PADA THRUSTER TERHADAP KINERJA PENGOPERASIAN KAPAL KOC QAATER DI BIMBING OLEH MAHBUB AREA Permasalahan Insiden kegagalan V-Belt pada sistem thruster Tugboat KOC QAATER yang terjadi pada 25 Juli 2025 mengakibatkan kebakaran di ruang mesin akibat panas berlebih mencapai 400-600°C. Masalah utama disebabkan oleh kelonggaran V-Belt yang tidak terdeteksi selama pemeriksaan rutin, diperparah oleh tidak adanya sistem monitoring suhu real-time dan prosedur inspeksi yang mengandalkan metode visual tanpa pengukuran tension yang akurat. Insiden ini menyebabkan kerusakan sistem propulsi, kebocoran fluida hidrolik, dan mengganggu operasional kapal secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung, wawancara terstruktur dengan chief engineer, second engineer, dan electrical engineer, serta studi literatur regulasi keselamatan pelayaran. Pengambilan data dilakukan melalui pengukuran teknis menggunakan tension meter digital, thermal imaging camera, dan vibration analyzer. Data divalidasi melalui engine logbook, maintenance record, dan dokumen Safety Management System untuk memastikan akurasi temuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa akar masalah terletak pada kombinasi faktor teknis dan human error. Ditemukan ketidaksesuaian antara jadwal perawatan dengan kondisi operasional aktual, keterbatasan kompetensi teknis dalam deteksi dini, serta tidak terintegrasinya sistem Alarm dengan jaringan monitoring di anjungan. Studi ini merekomendasikan implementasi predictive maintenance system, peningkatan frekuensi inspeksi dengan alat digital, dan instalasi sensor monitoring real-time untuk mencegah terulangnya insiden serupa. Kata Kunci: V-Belt Thruster, Sistem Monitoring, Preventive Maintenance

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2025 05:54
Last Modified: 20 Nov 2025 05:54
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item