SEPTIAN, TRI PUTRA (2025) ANALISIS OVERSPEED MOTOR INDUK AKIBAT PENYETELAN GOVERNOR YANG TIDAK SESUAI STANDAR PADA KAPAL MV LANPAN 28. Other thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
|
Text
SAMPUL-BAB II.pdf Download (699kB) |
|
|
Text
BAB III-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
Abstract
SEPTIAN TRI PUTRA,2025. Analisis overspeed akibat penyetelan governor yang tidak sesuai standar pada kapal MV lanpan 28. Dibimbing oleh Abdul Basir dan Ince Ansar H Arifin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya overspeed pada motor induk MAK 9M25C di kapal MV. Lanpan 28 akibat penyetelan governor yang tidak sesuai standar pabrikan. Governor1115L- 4G-12L memiliki rentang pengendalian 525–720 RPM dengan droop awal 0%. Ketidaksesuaian penyetelan, khususnya pada trip point sebesar 115% dari kecepatan nominal (863 RPM), menyebabkan sistem proteksi overspeed bekerja terlambat sehingga mesin melampaui batas kecepatan aman. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui pengamatan langsung di atas kapal, pengukuran kecepatan mesin menggunakan tachometer digital, serta wawancara dengan awak mesin. Data hasil pengukuran dibandingkan dengan spesifikasi pabrikan untuk mengetahui deviasi penyetelan governor terhadap kecepatan nominal mesin (750 RPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan aktual mesin mencapai 831 RPM, sehingga terjadi overspeed sebesar 10,93%, melebihi batas aman 10% yang ditetapkan oleh pabrikan. Peningkatan kecepatan tersebut mengakibatkan kenaikan gaya sentrifugal sebesar 23,1%, yang berpotensi mempercepat keausan pada bantalan, poros engkol, dan komponen berputar lainnya. Setelah dilakukan penyetelan ulang governor dengan droop 4–5%, serta pengaturan ulang set point proteksi menjadi alarm 105%, pre-trip 108%, dan trip 110%, mesin kembali beroperasi stabil pada 825 RPM tanpa mengalami overspeed. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penyetelan governor sesuai standar pabrikan MAK terbukti efektif dalam mencegah overspeed, menjaga kestabilan putaran mesin induk, serta meningkatkan keselamatan operasi kapal. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan kalibrasi, pengujian sistem proteksi, dan perawatan rutin governor guna mempertahankan kinerja sistem pengendalian kecepatan secara optimal. Kata kunci: Overspeed, Governor, Mesin Induk
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi > Teknika |
| Divisions: | Teknika |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:09 |
| URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
