OPTIMALISASI PROSES PENGURUSAN DOKUMEN MUATAN DI PT. ADHIGANA PARADUTA MULYA CABANG BELITUNG

LEONARDO, YORLAN JADU (2025) OPTIMALISASI PROSES PENGURUSAN DOKUMEN MUATAN DI PT. ADHIGANA PARADUTA MULYA CABANG BELITUNG. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy

Abstract

LEONARDO YORLAN JADU, 2025. “Optimalisasi Proses Pengurusan Dokumen Muatan di PT. Adhigana Paraduta Mulya Cabang Belitung” (Dibimbing oleh Jumriani dan Laode HIbay Umar). Pengurusan dokumen muatan merupakan salah satu aspek penting dalam kelancaran operasional kapal. Namun, proses ini masih menghadapi berbagai hambatan yang dapat mepengaruhi efisiensi dan efektivitas layanan perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi serta merumuskan solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja pengurusan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengurusan dokumen muatan di PT. Adhigana Paraduta Mulya Cabang Belitung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan upaya yang telah diterapkan perusahaan dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini fokus pada pengamatan langsung terhadap proses pengurusan dokumen serta evaluasi kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengurusan dokumen di PT. Adhigana Paraduta Mulya Cabang Belitung telah berjalan secara sistematis, namun masih terdapat empat faktor kesalahan utama yang sering terjadi, yaitu kesalahan perhitungan kargo oleh surveyor, kesalahan input data pada Bill of Lading (B/L), keterlambatan pengurusan dokumen yang menyebabkan terbitnya Letter of Protest (LOP), dan perangkat keras di atas kapal, seperti printer dan komputer yang kurang memadai. Untuk mengatasi hambatan tersebut, perusahaan telah melakukan peningkatan komunikasi, penyusunan protokol penanganan kesalahan, evaluasi berkala, serta pengadaan perangkat keras cadangan. Kata Kunci: Agen Kapal, Dokumen Muatan, Optimalisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > KALK
Divisions: KALK
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:00
Last Modified: 31 Jul 2025 08:00
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item