SIMSON KADANG TIKU, SIMSON KADANG TIKU (2024) ANALISIS TERJADINYA HIGH TEMPERATUR PADA MAIN ENGINE YANG MENYEBABKAN PERFORMA MENURUN DIKAPAL MT. VACAMONTE. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
Text
KIT-SIMSON KADANG TIKU.pdf Download (2MB) |
Abstract
SIMSON KADANG TIKU 2024, ANALISIS TERJADINYA HIGH TEMPERATUR PADA MAIN ENGINE YANG MENYEBABKAN PERFORMA MENURUN DIKAPAL MV. VACAMONTE. Dibimbing oleh PARIS J.M SENDA dan JAMALUDDIN Tujuan penulisan Karya Ilmiah Terapan ini adalah untuk memahami faktorfaktor teknis yang menyebabkan suhu tinggi pada mesin utama kapal MT. VACAMONTE. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kerusakan komponen mesin akibat suhu tinggi serta menganalisis dampaknya terhadap operasi kapal, yang dapat menyebabkan gangguan signifikan dalam kinerja mesin dan keselamatan pelayaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan panduan teknis bagi operator dan teknisi kapal dalam menangani masalah suhu tinggi pada mesin utama, dengan memberikan langkah-langkah penanganan yang tepat dan preventif. Panduan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman teknis para kru kapal dalam mengelola dan memelihara sistem mesin secara optimal, sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan operasi yang lebih serius. Adapun lokasi kejadian dalam karya tulis ilmiah ini adalah di atas kapal MV. VACAMONTE pada tanggal 26 JUNI 2024, saat pelayaran dari fujairah menuju oman Di atas kapal tersebut penulis menggunakan main engine MAK M25. Pengambilan data dilakukan Penulis dengan cara observasi langsung terhadap main engine yang digunakan di kapal. Ini melibatkan pemeriksaan visual terhadap system pendingin main engine Berdasarkan kejadian yang dialami MT. VACAMONTE terkait dengan terjadinya suhu tinggi pada mesin utama, dapat disimpulkan bahwa pentingnya pemeliharaan rutin dan pemeriksaan terhadap sistem pendinginan mesin kapal tidak dapat diabaikan. Pembersihan secara teratur terhadap sea chest dan komponen terkait lainnya sangat diperlukan untuk mencegah penumpukan kotoran yang menghambat aliran air laut, yang dapat menyebabkan overheating pada mesin. Pemantauan suhu mesin dan sistem pendinginan secara terus-menerus juga sangat krusial, karena memungkinkan deteksi dini terhadap masalah teknis sehingga awak kapal dapat merespons dengan cepat dan efektif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, memastikan kelancaran operasi kapal. Kejadian ini juga memberikan pelajaran penting mengenai manajemen risiko dan keamanan operasional dalam pelayaran jarak jauh, di mana implementasi prosedur yang ketat dan pemantauan kondisi kapal secara berkelanjutan dapat mengurangi risiko kegagalan teknis yang dapat mengancam keselamatan kapal, kru, dan kargo. Dengan mengambil kesimpulan ini, MT. VACAMONTE dapat mempertimbangkan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan dalam manajemen operasionalnya, guna meminimalkan risiko serupa di masa depan serta menjaga keandalan dan efisiensi operasional kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:08 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:08 |
URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/919 |
Actions (login required)
View Item |