STUDI EVALUASI KINERJA POMPA PENDINGIN AIR LAUT MESIN INDUK DI KAPAL MOTOR TANKER GAS ARJUNA

ACHIEL DOVAN DOVANNY, ACHIEL DOVAN DOVANNY (2024) STUDI EVALUASI KINERJA POMPA PENDINGIN AIR LAUT MESIN INDUK DI KAPAL MOTOR TANKER GAS ARJUNA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SKRIPSI ACHIEL DOVAN 19.42.001.pdf

Download (1MB)

Abstract

ACHIEL DOVAN DOVANNY, Studi Evaluasi Kinerja Pompa Pendingin Air Laut Mesin Induk di Kapal Motor Tanker Gas Arjuna, (dibimbing oleh Hj.Agus salim dan Hasiah) Penelitian ini bertujuan untuk untuk menentukan metode terbaik untuk mengoptimalkan kinerja pompa pendingin air laut dimesin induk MT. Gas Arjuna. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 oktober 2021 sampai dengan tanggal 17 oktober selama penulis menjadi cadet di MT. Gas Arjuna. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang menghasilkan data sekunder dan data primer, akan digunakan untuk menentukan oprimalnya kinerja mesin pompa pendingin air laut. Ini karena data ini dikumpulkan melalui pengamatan langsung penulis selama penelitian dan didukung oleh studi literatur, yang meningkatkan pemahaman tentang hasil penelitian. Analisis data berikutnya terdiri dari penjelasan hasil penelitian, penarikan, dan reduksi data. Penulis menyadari bahwa eningkatan suhu yang terjadi pada mesin induk diluar situasi normal.Pengamatan cepatnya peningkatan suhu dikatakan tidak normal karena mesin menunjukan suhu yang tidak semestinya, di situasi normal pada kecepatan (speed) 6 - 7 knot seharusnya suhu yang dihasilkan tidak lebih dari 700 – 750 C. Saat itu suhu mesin menunjukan angka 700 C pada kecepatan 6 knot, dan keadaan ini dikatakan tidak normal.ndikator menunjukkan naik turunnya putaran mesin yang diakibatkan oleh kinerja pompa pendingin air laut, kondisi sirkulasi air pada saat Low load dan Middle load mengalami abnormal sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya proses pendingan, adapun didapati pada saat kondisi Full load sirkulasi abnormal tidak terlalu signifikan. Mengetahui tengah terjadi kenaikan suhu yang tidak normal, masinis jaga melaporkan pada Chief Engineer dan melakukan pengecekan awal sesuai instruksi yang diberikan Chief Engineer di telepon kapal. Sembari menunggu instruksi selanjutnya, penulis mendapat tugas mengawasi peningkatan sampai Chief Engineer tiba di kamar mesin. Saat tiba di kamar mesin, Chief Engineer segera melakukan analisa awal penyebab kenaikan suhu pada mesin Setelah mengkonfirmasi kondisi mesin pada Nahkoda kapal, masinis mendapat izin untuk melakukan pengecekan lebih dalam terhadap mesin. Yang dilakukan selanjutnya adalah tindakan menurunkan kecepatan (speed) mesin induk diatas pengetahuan Nahkoda kapal, hal ini bertujuan untuk menghindari kenaikan suhu berlebih (overheat) Dari pencarian penyebab kenaikan suhu mesin induk didapatkan alasan yaitu kurangnya pemasokan air laut ke dalam kapal sehingga pendinginan viii pada mesin induk menjadi tidak normal. Maka dilakukan pengecekan pada saringan sea chest, ditemukan banyak rumput laut yang ikut masuk pada saluran sea chest dan menghambat aliran air laut masuk ke kapal. Kata Kunci: SEA CHEST, Mesin Induk, Optimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:09
Last Modified: 04 Mar 2024 06:09
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item