ANALISIS KANDASNYA MT.SHOZAN DI ALUR PELAYARAN SELAT BENGKALIS

NOBER TODING RANTE, NOBER TODING RANTE (2024) ANALISIS KANDASNYA MT.SHOZAN DI ALUR PELAYARAN SELAT BENGKALIS. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
KIT_FIX_NOBER TODING RANTE.pdf

Download (592kB)

Abstract

NOBER TODING RANTE, “ANALISIS KANDASNYA MT.SHOZAN DI ALUR PELAYARAN SELAT BENGKALIS”. Dibimbing oleh Oktavera Sulistiana dan Aries Allolayuk. Pelabuhan Dumai berperan penting untuk melayani kegiatan pelayaran di Indonesia sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 57 Tahun 2015 bahwa Pemanduan adalah kegiatan pandu dalam membantu, proses pemanduan agar selamat, tertib, dan lancar demi keselamatan kapal dan lingkungan. Tujuan penulisan karya ilmiah terapan ini yaitu untuk mengetahui penyebab kandasnya MT Shozan di Alur Pelayaran Selat Bengkalis Kejadian ini terjadi di Alur Pelayaran Selat Bengkalis pada tanggal 15 Desember 2023 pada MT. Shozan. Kapal tersebut kandas setelah kehilangan kendali saat melakukan olah gerak merubah haluan kapal karena kegagalan fungsi kemudi. Akibatnya kapal harus menunggu air laut pasang untuk lepas dari kandas dan melanjutkan pelayaran ke area pelabuhan. Kondisi tersebut terjadi karena kegagalan dalam melakukan manuver di selat bengkalis yang membutuhkan manuver saat melewatinya karena ada cekungan yang cukup tajam, yang diakibatkan tidak berfungsinya sistem kemudi disajikan menggunakan metode analisis deskriktif. Pelayanan kapal mencakup kapal sebelum memasuki alur sampai dengan keluar meninggalkan alur merupakan tanggungjawab pandu. Untuk itu, peningkatan keterampilan pandu mutlak diperlukan, disisi lain kondisi kapal juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah saat pelayaran di alur pelayaran jika tidak didukung oleh sarana dan prasarana navigasi di alur pelayaran yang memadai. Dengan kondisi di selat bengkalis saat MT. Shozan saat proses masuk alur pelabuhan Dumai. Perusahaan juga memiliki kewajiban dalam mendukung ketersediaan suku cadang agar proses perawatan dapat terlaksana sesuai PMS. Kandasnya MT Shozan disebabkan kerusakan pada sistem komponen kemudi kapal akibat perawatan yang tidak sesuai PMS, dan tidak adanya informasi terkait kondisi kapal pada pandu. Saran perawatan sesuai rekomendasi atau PMS dan memberikan informasi yang detail terkait kapal pada pandu dalam proses penundaan kapal. Kata kunci: Pemanduan, kegagalan fungsi, Perawatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:24
Last Modified: 28 Nov 2024 07:24
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item