NURCAHYO KURNIADI, NURCAHYO KURNIADI (2024) PENINGKATAN EFISIENSI INJEKSI BAHAN BAKAR PADA MESIN UTAMA DIKAPAL MT. STRAIT ENERGY. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
Text
KIT-NURCAHYO KURNIADI.pdf Download (2MB) |
Abstract
NURCAHYO KURNIADI 2024, PENINGKATAN EFISIENSI INJEKSI BAHAN BAKAR PADA MESIN UTAMA DIKAPAL MT. STRAIT ENERGY. Dibimbing oleh YULIANTO dan JOPIE PESULIMA Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kualitas pengabutan bahan bakar pada mesin induk tidak optimal. Dengan memahami penyebab-penyebab tersebut, diharapkan dapat ditemukan solusi untuk meningkatkan efisiensi pengabutan dan performa mesin. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan metode perawatan yang efektif pada sistem pengabutan. Tujuannya adalah agar sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik secara berkelanjutan, sehingga mendukung tercapainya pembakaran mesin induk yang optimal. Melalui analisis mendalam terhadap kedua aspek ini, diharapkan dapat diperoleh wawasan yang berguna untuk meningkatkan kinerja mesin dan efisiensi operasionalnya. Adapun lokasi kejadian dalam karya tulis ilmiah ini adalah di atas kapal MT. STRAIT ENERGY pada tanggal 23 April 2024, selama pelayaran dari pelabuhan di malaysia menuju pelabuhan di thailand. Di atas kapal tersebut, penulis menggunakan mesin induk MAN B&W 7S50MC-C. Pengambilan data dilakukan Penulis dengan cara observasi langsung terhadap Mesin induk yang digunakan di kapal. Ini melibatkan pemeriksaan visual terhadap kondisi fisik alat, seperti injektor dan tekanan injector. Berdasarkan pembahasan dalam karya ilmiah terapan ini, penulis menarik beberapa kesimpulan yang diharapkan dapat memberikan pedoman atau solusi bagi masalah serupa kepada para pembaca. Pertama, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kualitas pengabutan bahan bakar pada mesin induk menjadi tidak optimal. Salah satunya adalah gangguan dalam kesempurnaan pembakaran, yang dapat mengakibatkan penurunan daya kerja mesin serta konsumsi bahan bakar yang boros. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh kerusakan atau ketidakoptimalan pada injector. Selain itu, kurang optimalnya kinerja injector dalam mengabutkan bahan bakar pada interval waktu yang tepat juga menjadi faktor penting. Masalah ini dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian tekanan kompresi pada masing-masing silinder, yang mengakibatkan posisi crankshaft menjadi bengkok akibat tekanan yang tidak merata pada setiap sisi silinder. Kedua, untuk mengoptimalkan kinerja injector, perlu dilakukan perawatan sistem pengabutan bahan bakar secara berkala agar pembakaran mesin induk dapat mencapai kondisi yang optimal. Upaya ini dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk perawatan yang terdapat dalam manual buku kapal, guna memastikan sistem pengabutan berfungsi secara efisien dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:31 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:32 |
URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |