STUDI KOMPARASI PENGOPERASIAN MAIN ENGINE DARI KAPAL LOKAL KONTROL DAN REMOTE KONTROL DI KAPAL KM.TONASA LINE

JUMAWAL, JUMAWAL (2024) STUDI KOMPARASI PENGOPERASIAN MAIN ENGINE DARI KAPAL LOKAL KONTROL DAN REMOTE KONTROL DI KAPAL KM.TONASA LINE. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
JUMAWAL_1942067_SKRIPSI.docx

Download (3MB)

Abstract

JUMAWAL, 2023, Studi komparasi pengoperasian mian engine dari kapal lokal kontrol dan remote kontro di kapal KM.TONASA LINE,(dibimbing oleh bapak YULIANTO, S.T., M.Mar.E DAN bapak ARIFUDDIN DANDURU,S.Si.T.,M.M. M.Mar.E Studi komparasi pengoperasian mesin utama (main engine) dari kapal dengan system lokal kontrol dan remote kontrol menjadi topik penting dalam industri maritim. Mesin utama ialah salah satu komponen paling vital dalam sebuah kapal, yang bertanggung jawab atas penggerak dan keberhasilan perjalanan kapal. Pengoperasian mesin utama dari kontrol lokal dan remote memiliki kelebihan dan tantangan masing-masing yang mempengaruhi efisiensi dan keselamatan operasional kapal.Tujuan dari studi ini ialah untuk membandingkan aspek-aspek berikut dari pengoperasian mesin utama dari system lokal kontrol dan remote kontrol di kapal: Efisiensi Operasional: Analisis dilakukan untuk mengevaluasi efisiensi penggunaan energi, penggunaan bahan bakar, dan kinerja operasional keseluruhan dari kedua system pengendalian. Data yang diperoleh akan membantu menentukan pendekatan terbaik untuk mengoptimalkan efisiensi operasional kapal. Keamanan Operasional: Studi akan menilai faktor-faktor keamanan dalam pengoperasian mesin utama dari kedua system kontrol. Ini termasuk risiko potensial bagi masinis, potensi gangguan teknis, dan keandalan system kontrol dalam situasi darurat. Pemeliharaan dan Perawatan: Evaluasi dilakukan terhadap kebutuhan pemeliharaan dan perawatan rutin untuk kedua system. Pemeliharaan yang tepat bisa meningkatkan umur pakai mesin utama dan mengurangi risiko gangguan operasional. Keterampilan dan Pelatihan Masinis: Studi akan memperhitungkan tingkat keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin utama dari kedua system kontrol. Hal ini bisa mempengaruhi kualifikasi dan kesiapan masinis dalam menghadapi situasi darurat.Metode yang digunakan dalam studi ini melibatkan analisis data dari kapal-kapal yang memakai system lokal kontrol dan remote kontrol. Pengamatan langsung, wawancara, dan data historis mengenai operasional kapal dan kinerja mesin utama akan dikumpulkan dan dianalisis. Data yang diperoleh akan diolah secara statistik untuk memperoleh hasil yang komprehensif.Hasil dari studi ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi pemilik kapal dan masinis dalam memilih system kontrol yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik kapal mereka. Selain itu, hasil studi ini bisa menjadi landasan untuk pengembangan teknologi dan praktek terbaik dalam industri pelayaran dan maritim, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan kinerja operasional kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:03
Last Modified: 01 Mar 2024 07:03
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item