ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR GAS BUANG MESIN INDUK DI KAPAL M.V WAN HAI 313

Harianto, - (2023) ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR GAS BUANG MESIN INDUK DI KAPAL M.V WAN HAI 313. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
HARIANTO_18.42.118_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

HARIANTO, Analisis Meningkatnya Temperatur Gas Buang Mesin Induk Di Kapal M.V Wan Hai 313 (Dibimbing Oleh Paris J. M. Senda Dan Mahadir Sirman). Injektor merupakan salah satu bagian dari mesin utama yang sangat penting untuk membantu proses pembakaran pada motor diesel. Tujuan injektor adalah untuk menyemprotkan bahan bakar sebelum disemprotkan ke dalam silinder oleh nosel injektor melalui pompa Bosch yang menghasilkan tekanan. Injektor yang tidak berfungsi akan menyebabkan mesin bekerja dengan buruk, menyebabkan asap keluar dari knalpot, dan meningkatkan penggunaan bahan bakar. Pengabutan (fogging) injektor sangat penting untuk pembakaran, dan fogging yang buruk dapat mengakibatkan pembakaran tidak sempurna di ruang bakar, mengurangi tenaga mesin dan menaikkan suhu gas buang. Cara terbaik untuk menangani penyempitan lubang nozzle adalah dengan melakukan inspeksi, perawatan rutin, dan perbaikan yang harus dilakukan secara akurat dan menjaga kebersihan bagian yang dibongkar, tidak boleh berserakan di meja kerja tetapi ditempatkan di tempat yang aman. tempat tertentu yang dianggap sesuai, dan sebelum dipasang kembali ke meja kerja. Komponen-komponen tersebut harus terlebih dahulu dibersihkan, dicuci, dan diolesi minyak. Pastikan lubang nozzle tidak ada lagi yang mengalami penyempitan. Pastikan bukaan nozzle tidak mengecil. Pemeriksaan, pengecekan, dan perawatan harus dilakukan dengan memeriksa jam kerja injektor (sampai 3000 jam kerja), yang harus disesuaikan dengan instruksi manual, dan dengan melakukan pemeriksaan lokal pada manometer atau langsung pada monitor di ruang kontrol. Pada penelitian ini MV. Wan Hai 313 dijadikan tempat penelitian dari perusahaan Wan Hai Lines LTD selama satu tahun. Mengenai informasi yang diperoleh dari lokasi penelitian secara langsung melalui observasi subjek penelitian, dokumentasi, dan literatur yang berkaitan dengan judul skripsi ini. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mengkaji sumber data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penuangan bahan bakar di ujung nozzle dan mengecilnya lubang nozzle menjadi penyebab naiknya suhu gas buang mesin utama kapal MV.Wan Hai 313. Kata kunci: Bahan Bakar, Pompa Tekanan, Injektor, Dan Gas Buang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Bakar, Pompa Tekanan, Injektor, Dan Gas Buang
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:05
Last Modified: 09 Aug 2023 01:05
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item