TERJADINYA SENGGOLAN KM GUHI MAS DENGAN KM VERTIKAL PADA SAAT LEPAS SANDAR PELABUHAN TRISAKTI SUNGAI BARITO

NURUL AKBAR, NURUL AKBAR (2020) TERJADINYA SENGGOLAN KM GUHI MAS DENGAN KM VERTIKAL PADA SAAT LEPAS SANDAR PELABUHAN TRISAKTI SUNGAI BARITO. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
NURUL AKBAR NAUTIKA 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

NURUL AKBAR 2020, TERJADINYA SENGGOLAN KM GUHI MAS DENGAN KM VERTIKAL PADA SAAT LEPAS SANDAR PELABUHAN TRISAKTI SUNGAI BARITO dibimbing oleh Moh. Azis Rohman dan Bruce Rumangkang. Proses lepas sandar sebuah kapal di pelabuhan dapat mengalami hambatan jika lingkaran putar kapal terbatas dan arus dari hulu Sungai Barito deras sehingga kapal bisa saja menabrak dermaga atau menyenggol kapal lain yang ada di pelabuhan tersebut. Tujuan Penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui kondisi pelabuhan Trisakti Sungai Barito dan mengetahui penyebab terjadinya insiden / senggolan kapal khususnya di pelabuhan Trisaksi Sungai Barito. Kasus yang penulis angkat dalam Karya Ilmiah terapan ini yaitu terjadinya senggolan kapal antara MV. Guhi Mas dan MV. Vertikal saat proses lepas sandar di pelabuhan Trisakti Sungai Barito, pada tanggal 3 Januari 2022. Kondisi pelabuhan Trisakti terbilang sangat padat karena merupakan pelabuhan yang menjadi tujuan kapal-kapal yang melewati sungai Barito Banjarmasin, sungai barito juga termasuk salah satu sungai yang memiliki lebar yang luas mencapai 800 m, namun disayangkan dengan lebar seperti itu pelabuhan trisakti masih terlihat sempit jika akan melakukan proses sandar maupun lepas sandar, saat proses lepas sandar MV. Guhi Mas dibantu oleh satu kapal tunda sesuai dengan regulasi, pada saat olah gerak kapal hampir tidak dapat dikendalikan dan hampir menabrak dermaga, karena derasnya arus dari hulu, dengan kondisi tersebut penulis selaku nakhoda melakukan langkah cepat untuk menghindari dermaga akan tetapi malah menyenggol kapal vertikal yang ada di depan hal ini disebabkan derasnya arus dan kecilnya lingkaran putar kapal karena banyaknya kapal yang berlabuh di depan dermaga. Kesimpulan, terjadinya senggolan kapal disebabkan derasnya arus dan kecilnya lingkaran putar kapal dipelabuhan. Saran sebaiknya proses lepas sandar dibantu oleh dua kapal tunda dan kapal-kapal yang berlabuh disekitar pelabuhan sebaiknya dilakukan penertiban. Kata Kunci: senggolan, lepas sandar, lingkaran putar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:55
Last Modified: 25 Jan 2024 01:55
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item