ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR MINYAK LUMAS MESIN INDUK DI KM. DHARMA FERRY VII

MUHAMMAD EKSA PRATAMA, PUTRA (2022) ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR MINYAK LUMAS MESIN INDUK DI KM. DHARMA FERRY VII. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
MUHAMMAD EKSA PRATAMA-SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis Naiknya Temperatur Minyak Lumas Mesin Induk di Kapal KM. DHARMA FERRY VII ( dibimbing oleh Yulianto dan Syah Rizal) Judul penelitian ini penting untuk dikaji, karena seiring baru-baru ini banyaknya mesin penggerak utama banyak mengalami kerusakan dan gagalnya pengoperasian yang disebabkan oleh kesalahan manusia dan kurang perhatiannya terhadap pengendalian prestasi sistem pelumasan yang mana harus dipelihara dan dijaga agar tetap beroperasi dengan normal. Sistem pelumasan mempunyai banyak peralatan untuk mendukung pengoperasian di dalam sistem, diantara peralatan yang ada di dalam sistem pelumas harus diketahui dimana setiap peralatan tersebut sangat berpengaruh terhadap tinggi dan rendahnya temperatur serta tekanan pada minyak pelumas. Penelitian ini hanya mengobservasi bagian – bagian mekanik saja diantaranya pemindah panas, pompa dan kerugian – kerugian kecil, tiga antara itu sering menyebabkan naiknya temperatur minyak pelumas dan itu terbukti. Sesuai dengan beberapa hasil observasi di atas perlu diketahui bahwa persoalan dan akibat yang terjadi antara lain alat peidah panas mengalami kebocoran dan kerak – kerak yang menempel pada plat –plat central cooller seihingga perpindahan panas tidak bekerja secara normal, alat sirkulasi cairan (pump) dimana tekanan pompa air laut menurun yang disebabkan oleh rusaknya salah satu komponen pompa air laut hingga sirkulasi air laut untuk mendinginkan minyak pelumas tidak efektif, adapun terlalu tingginya kerugian – kerugina kecil di dalam sistem pelumasan (minnor losses). Penelitian ini di laksanakan 9 bulan (sept 2020 until juni 2021) di KM. DHARMA FERRY VII merupakan salah satu dari kapal pelayaran milik Dharma Lautan Utama. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari observasi langsung pada kapal dan pengambilan dokumen penting dan alat instrument bantu lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa naiknya temperatur minyak pelumas disebabkan oleh kurang perpindahan panas, turunnya tekanan pompa dan tingginya kerugian – kerugian kecil pada sistem pelumasan. Kata kunci : pelumasan mesin dan minyak pelumas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: mrs uswa -
Date Deposited: 06 Oct 2023 05:30
Last Modified: 06 Oct 2023 05:30
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item