PENGARUH JAM KERJA INJEKTOR TERHADAP KENAIKAN TEMPERATUR GAS BUANG PADA MOTOR DIESEL PENGGERAK UTAMA KAPAL KM TONASA LINE XVI

FAREL EKA, ADIPUTRA (2022) PENGARUH JAM KERJA INJEKTOR TERHADAP KENAIKAN TEMPERATUR GAS BUANG PADA MOTOR DIESEL PENGGERAK UTAMA KAPAL KM TONASA LINE XVI. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
FAREL EKA ADIPUTRA-SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

FAREL EKA ADIPUTRA, 2021.Study Pengaruh Jam Kerja Injektor Terhadap Kenaikan Temperatur Gas Buang Pada Motor Diesel Penggerak Utama Kapal KM Tonasa Line XVI ( dibimbing oleh Bapak samsul bahri dan ibu agustina ). Tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor pengaruh jam kerja injektor terhadap kenaikan temperatur gas buang pada motor diesel penggerak utama kapal. Injektor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang pembakaran dalam bentuk kabut. Pengabutan yang baik akan menghasilkan proses pembakaran yang baik pula, tetapi jika proses pengabutan injektor tidak baik, maka proses pembakaran berlangsung secara tidak baik pula. Sehingga menarik untuk di analis adengan judul.“ Studi exprimen pengaruh jam kerja injektor terhadap kenaikan temperature gas buang pada motor diesel penggerak utama ”. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode lapangan ( Field Research) dengan melakukan peninjauan langsung pada objek penelitian dan tinjauan kepustakaan ( Library research ) dengan membaca buku dan literature mengenai judul penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kurangnya pengabutan akibat penyempitan lubang nozzel dan kotornya bahan bakar. Dan rumusan masalah mengetahui efek injektor sebelum dan setelah di lakukan perubahan pada ujungnya serta mengetahui pemakaian bahan bakar normal dan tidak normal. Hasil penelitian analisa data setelah hasil uji dengan menggunakan rumus perhitungan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh jam kerja injektor terhadap kenaikan temperatur gas buang pada motor diesel penggerak utama kapal. Sesuai dengan hipotesis penelitan yang telah di tetapkan untuk di analisis oleh peneliti, yaitu adanya gangguan pada system pembakaran semprot, volume total, tekanan dan debit aliran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kurangnya pengabutan akibat penyempitan lubang nozzel dan kotornya bahan bakar . Kata Kunci : Injektor, pengabutan, dan bahan bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Injektor, pengabutan, dan bahan bakar.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: mrs uswa -
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:44
Last Modified: 12 Sep 2023 03:44
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item