STRATEGI BISNIS PT. OREMUS BAHARI MANDIRI SURABAYA DALAM BISNIS KEAGENAN KAPAL DI INDONESIA

PRASISKA, YUNITATRIUTAMI (2022) STRATEGI BISNIS PT. OREMUS BAHARI MANDIRI SURABAYA DALAM BISNIS KEAGENAN KAPAL DI INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
PRASISKA YUNITA TRI UTAMI-SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

PRASISKA YUNITATRIUTAMI, (2022). Strategi Bisnis PT. Oremus Bahari Mandiri Surabaya. (dibimbing oleh Laode Hibay Umar dan Sitti Syamsiah). Perusahaan keagenan kapal adalah bisnis yang berada di red ocean strategy. Untuk itu dibentuk strategi bisnis sebagai upaya yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan baru. Dalam melaksanakan strategi bisnis terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya yang perlu dilakukan PT. Oremus Bahari Mandiri Surabaya untuk melaksanakan strategi bisnisnya dalam rangka menghadapi bisnis keagenan kapal di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di PT. Oremus Bahari Mandiri Surabaya selama 11 bulan dari bulan Agustus 2020 hingga Juli 2021. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian PT. Oremus Bahari Mandiri Surabaya berada pada red ocean strategy dan sedang berusaha untuk menerapkan blue ocean strategy. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala faktor dari dalam perusahaan dan faktor dari luar perusahaan. Upaya yang perlu dilakukan untuk kendala faktor dari dalam perusahaan antara lain yaitu dengan melakukan perekrutan secara berkala sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meningkatkan management HRD riview secara berkala, meningkatkan koordinasi antara Divisi Operasional dan Teknologi Informasi, memanfaatkan kompetensi Divisi Teknologi Informasi serta memaksimalkan pemanfaatan media sosial. Upaya yang diperlukan untuk kendala faktor dari luar perusahaan yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan kinerja marketing perusahaan, melakukan pelatihan-pelatihan pada karyawan, mengembangkan cabang-cabang perusahaan dan memberikan harga khusus bagi customer. Kata kunci: Strategi Bisnis, Blue Ocean Stratetgy, Keagenan Kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Blue Ocean Stratetgy, Keagenan Kapal.
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: KALK
Depositing User: mrs uswa -
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:40
Last Modified: 21 Aug 2023 03:40
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item