BASO, FERI IRAWAN (2024) ANALISIS PENGARUH TIDAK OPTIMALNYA KERJA POMPA INJEKSI BAHAN BAKAR TERHADAP MESIN INDUK DI KAPAL M.V ELBEBORG. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
|
Text
SAMPUL - BAB III.pdf Download (544kB) |
|
|
Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
BASO FERI IRAWAN, 2024 ANALISIS PENGARUH TIDAK OPTIMALNYA KERJA POMPA INJEKSI BAHAN BAKAR TERHADAP MESIN INDUK DI KAPAL Mv ELBEBORG (Dibimbing oleh Bapak TONI SANTIKO dan GRADINA NUR FAUZIAH,S.SI.,M.SI). Penelitian ini berangkat dari terjadinya penurunan tekanan pada pompa injeksi mesin utama. Pompa injeksi adalah salah satu komponen krusial dalam mesin diesel yang berfungsi untuk mendistribusikan bahan bakar ke Nozzle Injector, menentukan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksi, serta mengatur waktu injeksi. Proses ini dilakukan dengan bantuan cam dan camshaft. Maka dari itu, pengukuran dan pemantauan yang teliti terhadap sistem suplai bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sangat diperlukan. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan SHEL, yang bertujuan untuk mempermudah analisis data. Pendekatan kualitatif dimulai dengan mengamati objek penelitian dan mencatat data yang relevan selama praktik di laut. Setelah itu, objek penelitian dianalisis secara mendalam. Data yang diperoleh bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai langkah-langkah perencanaan dalam menangani isu yang dibahas dalam skripsi ini. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, yaitu teknik pengumpulan data secara langsung dengan cara mengamati objek tertentu. Dalam penelitian ini, penulis mengamati kinerja pompa injeksi bahan bakar serta proses perawatan mesin induk selama praktik di laut. . Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kinerja pompa injeksi kurang optimal serta dampaknya terhadap mesin utama di kapal M.V ELBEBORG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa penyebab utama kinerja pompa injeksi yang tidak optimal antara lain kurangnya ketelitian dalam proses pemeriksaan dan perawatan, serta adanya gangguan seperti goresan pada plunger pompa Bosch dan kontaminasi bahan bakar. Goresan pada plunger mengakibatkan bahan bakar tidak sepenuhnya terdistribusi ke injektor, karena sebagian bahan bakar bocor melalui celah goresan tersebut, sehingga menyebabkan terjadinya kekosongan pada pipa tekanan. Untuk mengatasi permasalahan ini, langkah-langkah yang dilakukan mencakup pelaksanaan perawatan dan perbaikan pompa injeksi sesuai dengan jadwal, penyediaan suku cadang yang dibutuhkan, serta penyesuaian ulang parameter pompa. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan untuk melaksanakan perawatan rutin secara berkala dan meningkatkan pemahaman terkait pengoperasian pompa Bosch pada mesin utama guna mencegah terjadinya masalah serupa di masa mendatang. Kata kunci: Optimalisasi, main engine, pompa injeksi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
| Divisions: | Teknika |
| Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 00:59 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 00:59 |
| URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
