CHINDY, ADSARIA LEMBANG (2025) ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP PENAMBAHAN JUMLAH PENUMPANG DI KM. TIDAR. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
![]() |
Text
SAMPUL - BAB III.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
CHINDY ADSARIA LEMBANG, ”Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Penambahan Jumlah Penumpang di KM. TIDAR”. (Dibimbing oleh Faisal Saransi dan Wardimansyah Ridwan). Pelayanan adalah kegiatan tindakan yang diberikan oleh seseorang ataupun organisasi untuk memenuhi kebutuhan orang lain, baik berupa jasa, bantuan, atau produk. Pelayanan biasanya dimaksudkan untuk menciptakan kepuasan, memberikan solusi, ataupun untuk memenuhi standar tertentu. Tujuan pelayanan adalah upaya untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam memberikan layanan kepada pihak lain, baik individu, kelompok, atau organisasi, dengan tujuan utama menciptakan kepuasan, kepercayaan, dan manfaat.Penambahan jumlah penumpang adalah peningkatan jumlah individu yang diangkut oleh kapal. Penambahan ini sebagai hasil kepuasan penumpang terhadap pelayanan kru kapal. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai rxy = 0,24011109 bahwa ada korelasi positif antara pelayanan dan jumlah penumpang namun hanya pada taraf korelasi rendah. Ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima yang berarti hubungan antara variabel bebas (X) Pelayanan dan variabel terikat (Y) Penambahan Jumlah Penumpang memiliki hubungan positif namun tidak signifikan. Kata kunci: Kapal Penumpang; KM. TIDAR; Korelasi; Pelayanan; Penambahan Penumpang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 00:42 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 00:42 |
URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |