FITRAH, RAMADHANI (2025) ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN KAPAL ASING PADA PT. OREMUS BAHARI MANDIRI SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
![]() |
Text
SAMPUL - BAB III.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
Abstract
FITRAH RAMADHANI, 2025. Analisis Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Asing pada PT. Oremus Bahari Mandiri (Dibimbing oleh ibu Jumriani dan pak Asnur). Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelayanan jasa keagenan oleh PT. Oremus Bahari Mandiri Surabaya serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan melihat atau membaca dari buku ataupun internet. Hasil penelitian ini adalah timbulnya suatu hambatan dari beberapa faktor serta upaya pengatasan hambatan yang terjadi. Faktor-faktor tersebut mencakup faktor komunikasi yang kurang efisien, faktor penanganan dokumen dan faktor pelayanan saat pelaksanaan bongkar muat oleh kapal yang diageni. Maka dari itu dilakukan beberapa upaya penanganannya diantaranya memastikan memaksimalkan proses rekrutmen crew ataupun karyawan, melakukan pengecekan dokumen dengan lebih baik dan detail serta mengirimkan pelaporan dengan sigap. Kata kunci : Agen, Jasa Keagenan, Kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi Skripsi > KALK |
Divisions: | KALK |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:00 |
URI: | http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |