ANALISA MENURUNNYA TEKANAN MINYAK LUMAS PADA AUXILIARY ENGINE LPG/C GAS CATALINA

MUSTAQIM, ABDULLAH (2025) ANALISA MENURUNNYA TEKANAN MINYAK LUMAS PADA AUXILIARY ENGINE LPG/C GAS CATALINA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL - BAB III.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tekanan minyak lumas auxiliary engine LPG/C Gas Catalina. Sistem pelumasan merupakan bagian krusial dalam menjaga kinerja mesin diesel generator yang beroperasi secara kontinu sebagai sumber tenaga listrik utama di kapal. penurunan rpm dari 1200-223 (mendekati shutdown), peningkatan suhu minyak dari 70oc-92oc, dan sumbatan pada filter 0.165 m/s ke 0.057 m/s. Melalui metode kuantitatif dan kualitatif dengan observasi lapangan dan wawancara dengan kru mesin serta analisis data operasional menggunakan perangkat lunak SPSS, penelitian ini mengidentifikasi variabel variabel kunci seperti putaran mesin (RPM), suhu dan tekanan oli, kecepatan serta volume alir oli, viskositas, hambatan filter, tegangan, arus listrik (ampere), dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi r = 0.92 antara tekanan minyak dan rpm dengan p-value = 0.00001 menunjukkan bahwa penurunan rpm menyebabkan penurunan tekanan minyak lumas. begitu juga dengan r = -0.98 untuk suhu minyak dan viskositas penyebab utama penurunan tekanan minyak lumas adalah saringannya (filter) yang mengakibatkan hambatan aliran dan naiknya suhu pelumas. Selain itu, turunnya RPM serta viskositas pelumas yang menurun akibat suhu tinggi juga berkontribusi pada masalah ini. Ditemukan pula hubungan korelatif yang signifikan antara tekanan oli dengan kecepatan dan volume alir, serta antara suhu pelumas dengan viskositas dan hambatan filter. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemeliharaan preventif berkala dan pembersihan sistem pelumasan untuk menjaga efisiensi operasi auxiliary engine dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Kata Kunci: Auxiliary engine, tekanan minyak lumas, filter oli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2025 00:45
Last Modified: 11 Aug 2025 00:45
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item