ANALISIS PERKEMBANGAN JASA KEAGENAN KAPAL DI PT.ORELA BAHARI MANDIRI CABANG BALIKPAPAN

SUKMAN, EFENDI (2025) ANALISIS PERKEMBANGAN JASA KEAGENAN KAPAL DI PT.ORELA BAHARI MANDIRI CABANG BALIKPAPAN. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL - BAB III.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy

Abstract

SUKMAN EFENDI, 2025. “Analisis Perkembangan Jasa Keagenan Kapal di PT. Orela Bahari Mandiri Cabang Balikpapan” (Dibimbing oleh Febrian James dan Dewi Pusparini). Sektor maritim berperan penting dalam distribusi logistik global, terutama melalui jasa keagenan kapal yang memastikan kelancaran operasional di pelabuhan. PT. Orela Bahari Mandiri, yang bergerak di bidang ini, menghadapi tantangan dalam pengelolaan kapal muatan curah cair seperti bio-solar, di tengah kompleksitas regulasi dan kebutuhan pasar. Salah satu kendala utama adalah perpanjangan dokumen penting yang memasuki masa tenggang, yang memengaruhi efisiensi layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurusan jasa keagenan kapal muatan curah cair biosolar di PT. Orela Bahari Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Orela Bahari Mandiri selama penulis melaksanakan praktek darat (PRADA) dari bulan Agustus 2023 hingga bulan Juli 2024. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan beberapa metode dalam mengumpulkan data, yaitu metode observasi (pengamatan langsung) kegiatan keagenan kapal, wawancara, teknik dokumentasi berupa daftar nama kapal perkembangan jasa keagenan kapal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data penelitian kualitatif yaitu dengan data berupa tabel dan diagram perkembangan jasa keagenan kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan jasa keagenan kapal di PT. Orela Bahari Mandiri Cabang Balikpapan belum mengalami peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. Perkembangan jasa keagenan kapal asing di PT. Orela Bahari dikarenakan beberapa faktor pendukung yang memicu meningkatnya jasa keagenan, di antaranya adalah koordinasi yang baik antara PT. Orela Bahari dengan pihak pengguna jasa, permintaan komoditi yang meningkat di wilayah Jakarta, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten, serta pelayanan yang lebih unggul. Hasil yang telah diraih dengan upaya peningkatan kinerja di berbagai sektor diharapkan mampu dipertahankan dan ditingkatkan agar lebih baik ke depan. Kata kunci : Agen, Jasa Keagenan, Kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > KALK
Divisions: KALK
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:33
Last Modified: 01 Aug 2025 03:33
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item