PROSEDUR PELAYANAN JASA KAPAL MENGGUNAKAN SISTEM APLIKASI PHINNISI PADA PT. RONA CAHAYA MAHAKAM

KEVIN, PALANGIRAN (2025) PROSEDUR PELAYANAN JASA KAPAL MENGGUNAKAN SISTEM APLIKASI PHINNISI PADA PT. RONA CAHAYA MAHAKAM. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

[img] Text
SAMPUL - BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kevin Palangiran, 2025. Prosedur pelayanan jasa kapal menggunakan sistem aplikasi phinnisi pada PT. Rona Cahaya Mahakam (Dibimbing oleh Ansyar dan Muhammad Hidayat) Samarinda mempunyai sungai yang panjang yang dilalui kapal untuk melakukan bongkar muat di pelabuhan ataupun jetty, oleh sebab Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur apa saja yang di gunakan pada saat menggunakan aplikasi phinnisi dan dapat mengetahui kendala apa saja yang biasa di hadapi saat menggunakan aplikasi phinnisi dan mengetahui solusi pada saat terjadi kendala dalam penggunaan aplikasi phinnisi agar pelayanan kapal pada PT. Rona Cahaya Mahakam menjadi lebih optimal oleh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data metode observasi, teknik interview & teknik studi dokumentasi, dan teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, mancatat data dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan prosedur kegiatan pelayanan jasa kapal dengan sistem aplikasi Phinnisi di mulai dari keagenan kedatangan kapal, warta kedatangan kapal, penyandaran kapal, pengambilan dokumen kapal, pelayanan kapal selama di pelabuhan, prosedur kapal pindah, prosedur kapal keluar dari tambatan ke ambang luar, keberangkatan, kendala yang dihadapi pada saat melaksanakan pengajuan sistem aplikasi phinnisi yaitu faktor jaringan, faktor website yang biasa error, faktor sertifikat yang telah expired, faktor spm, penanganannya yaitu menambah kecepatan wifi, merefrehs website, setiap kapal yang masuk di cek untuk kelengkapan dokumen sertifikat dan tanggal expired jika ada sertifikat yang mendekati tanggal expired maka agen berkoordinasi dengan ship owner, ketika petugas tidak menyetujui maka kapal tidak akan bergerak maka agen harus berkoordinasi yang baik dengan petugas baik via online maupun face to face, dari pembahasan di atas prosedur pelayanan kapal menggunakan sistem aplikasi phhinisi pada PT. Rona Cahaya Mahakam sudah optimal. Kata kunci: Pelindo, Sistem Phinnisi, Prosedur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Skripsi > KALK
Divisions: KALK
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pipmakassar.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:38
Last Modified: 31 Jul 2025 07:38
URI: http://eprints.pipmakassar.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item